Pendirian Galeri Investasi BEI (dahulu disebut Pojok BEI) dimaksudkan untuk mengenalkan Pasar Modal sejak dini dalam dunia akademis. Saat ini pendirian Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 (kerjasama antara Bursa Efek Indonesia, Universitas dan Perusahaan Sekuritas) sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya. Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi UNTAG Banyuwangi berdiri atas nota kesepahaman (MoU) antara 3 pihak yaitu Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan PT Reliance Securities, Tbk (RELI).

Galeri Investasi BEI berisi semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal. Selain itu Galeri Investasi BEI civitas akademika dan masyrakat umum juga dapat membuka akun rekening efek untuk berinvestasi di pasar modal.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat saling menguntungkan sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal baik bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis.